Sekapur Sirih

Tabik Pun...
BPMPD - Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Lampung

Selengkapnya

PROGRAM GERBANG DESA SABURAI WAHANA BELAJAR MASYARAKAT
A A A

BULOK  -  Kekurangan pada program pemerintah yang disampaikan secara terbuka dan transparan kepada masyarakat akan melahirkan aksi dan pelajaran kepada masyarakat yang bersangkutan. Inilah diantara pelajaran yang di dapat dari program pemberdayaan semisal Program Gerbang Desa Saburai.

Bapak Zennisal warga Pekon Sukanegara Kecamatan Bulok Kabupaten Tanggamus  mengatakan, kekurangan anggaran yang ada di program gerbang desa saburai dibandingkan dengan kebutuhan di masyarakat yang disampaikan secara terbuka dan transparan  memaksa masyarakat untuk melakukan swadaya, "Karena keterbatasan anggaran, sementara kebutuhannya melebihi dari yang di anggarkan maka masyarakat akhirnya berswadaya gotong rotong". Kata Zennisal

Hal tersebut disampaikan oleh Dalom (panggilan Bapak Zennisal) bersama anggota Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) lainnya saat ngobrol dengan tim Supervisi dan monitoring program gerbang desa saburai yang terdiri dari:Yohanes TB, Ali Rukman, Jon Hendri, Ibu Nety, Anta Jaya di Lokasi kegiatan pembangunan jembatan dan drainase pekon Sukanegara, Selasa, 3 Oktober 2017.

Sementara itu, Yohanes TB Tenaga Pendamping Provinsi program gerbang Desa Saburai mengatakan, dalam pelaksanaan program pembangunan khususnya program pemberdayaan seperti program gerbang desa saburai,  jangan hanya dilihat dari jumlah anggaran yang di terima masyarakat, tetapi hendaknya masyarakat memaknainya dari setiap proses yang dilalui, yang di dalamnya terkandung pelajaran-pelajaran dalam melaksanakan aktivitas pembangunan di pekon, "Masyarakat khususnya Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) jangan hanya membaca yang tersurat saja, tetapi juga harus membaca yang tersirat dari proses yang dilalui, sehingga masyarakat dan TPK akan mendapat pelajarannya". Tutup Yohanes. (DIT) 

sumber: Forum Desa

Berita Terkait

0 Komentar Berita

 

Isi Komentar Anda

Nama :
E-mail:
Isi Komentar: